OPEN MIND WITH GAMES / SIMULATION
ACTIVITY
Tahapan pendahuluan yang perlu dilakukan
sebelumnya untuk internalisasi training value.
- Menentukan sikap (attitude) apa saja yang perlu ada sebagai bentuklebih konkrit dari training value yang akan ditanamkan
- menentukan bentuk perilaku konkrit apa saja yang diharapkan darisikap tersebut
- Tentukan simulasi apa yang dibutuhkan, serta SKENARIO FASILITASI yang perlu dibangun. FASILITASI adalah hal yangsebenarnya krusial, bukan simulasinya. Simulasi hanya berfungsi untuk menstimulasi peserta agar berpikir, namun proses menarik pemahaman justru terjadi pada fasilitasi.
1. Karyawan/Dewasa
Biasanya para
peserta ini lebih hot bila diajak Ice breaker yang gila2, bahkan bila diajak
maen outdoor mereka-mereka ini bisa sampai lepas baju dsb. hehehe...
Gampang diajak diskusi & klo kasih Ice breaker kasih
aja yang aneh-aneh dan gila-gila. Pasti tambah cair suasana... misalnya:
kokology yang interpretasinya mengarah ke 17 tahun keatas, gerakan kreativitas
masing2 peserta dll
2. Mahasiswa/Muda
Untuk peserta ini,
klo diajak Ice breaker yang gila-gila seperti diatas agak kurang dahsyat...
tetep ruameee tai sedikit malu-2. Selain gampang diajak diskusi, para peserta
yang usia ini sangat mudah untuk diajak bernyanyi sambil bergoyang bersama.
Mungkin karena jiwa muda khan lebih sering megikuti musik dan hiburan.
3. SMA/ABG

So..
kenali audiens teman2
Salam Antusias!,