Diberdayakan oleh Blogger.

Negara Kepulauan Republik Indonesia part II

Beberapa waktu yang lalu, saya menuliskan konsep sebuah ideal negara Indonesia yang terdiri dari 17.000 pulau yang membentang dari Sabang sampai Merauke.

Sedikit mereview sedikit pertanyaan yang lalu.  

Mengapa masih ada daerah-daerah perbatasan RI dengan negara tetangga kehidupannya memprihatinkan? selain dari sarana dan prasarana kurang memenuhi, mempengaruhi harga distribusi barang, dan aksesibilitas yang kurang?

 Hal ini tidak terlepas dari sentralisasi sebuah Pemerintahan yang terpusat ke The capital city yaitu Jakarta. Pulau Jawa merupakan daerah yang paling maju di Indonesia karena distribusi dari ruang lingkup wilayah sangat memumpuni jika dilihat dari segi sumber daya manusia.
Lantas, apakah ada kaitannya peran sumber daya manusia terhadap pemerataan sustainable development?
Dari segi perekonomian, hal ini tidak terlepas dari sektor industrial yang secara tidak langsung teraglomerasi menjadi beberapa kawasan di Indonesia. Seperti di Semarang, Riau, Cepu, Bekasi, dan lain-lain.
Nah, apakah CSR sudah berperan maksimal dalam hal pemberdayaan masyarakat , khususnya di perbatasan?

Jika kita menilik UU tentang perindustrianm disitu ada penekanan untuk setiap perusahaan wajib mengeluarkan dana CSR untuk kompensasi dari apa yang sudah di eksploitasi  / bentuk ganti rugi terhadap masyarakat yang terkena dampak baik langsung kontak fisik maupun tidak langsung.







author
Catur Pamungkas
Hanya kataku, yang tak seharmoni angan dan imaji.